Usaha di bidang fashion khususnya baju-baju clothing masih menyimpan prospek yang sangat cerah. Dalam 10 tahun terakhir ini, bisnis clothing semakin tumbuh subur dan makin banyak pemain baru yang berinovasi dengan konsep desain clothing dengan keunikan dan ciri khasnya masing-masing.

Pasar anak muda sebagai sasaran utama memang telah dimanjakan dengan desain-desain baju yang sengaja dibuat unlimited, atau satu model paling banyak diproduksi hanya dua. Inilah yang menjadi sisi unik dari baju-baju clothing khususnya baju-baju clothing yang terdapat di distro-distro. Pasar anak muda memang identik dengan gaya hidup yang serba gaul dan pernuh warna.
Terutama dalam hal fashion, mereka lebih suka dengan baju khususnya kaos dengan motif-motif blur, sporty, music, dan motif lainnya. Peluang di bisnis clothing sebenarnya masih terdapat celah yang cukup luas, namun bisnis ini biasanya identik dengan membangun sebuah distro maupun outlet khusus yang menjual baju-baju clothing.

Memulai usaha clothing 
Bisnis ini akan sangat cocok bagi kaum muda yang memang menyukai desain-desain kaos yang sedang trend saat ini. Bagi kalangan muda tertentu, motif dari tahun ke tahun biasanya berubah-ubah dan mengikuti trend yang sedang berkembang, seperti di Bandung maupun trend dari daerah tertentu. Punya cukup pengetahuan tentang trend dan selera pasar saat ini, merupakan modal awal yang penting untuk berbisnis di bidang fashion ini.
Kita pun bisa segera membidik pasar potensial yang terdapat di kota lain. Namun tak terbatas di kota sendiri saja, kita pun bisa menentukan tempat-tempat yang cukup bagus potensinya seperti di mall maupun membidik potensi di kota lain. Untuk barang atau kaos-kaos clothing, kita bisa mencarinya dengan mudah di internet atau mendatangi langsung di pusat-pusat grosir kaos-kaos clothing seperti yang ada di Bandung. Desain-desain yang bagus dan unik pun bisa segera dipilih untuk kemudian kita pasarkan lagi.
Media berjualan 
Untuk menjual kaos-kaos yang telah kita dapatkan di agen atau grosir tadi, kita pun punya beberapa pilihan, yakni lewat toko berupa mini distro maupun membuat distro online lewat media toko online.
  • Mini distro / outlet. Sengaja saya sarankan untuk membuat mini distro, agar bisa menekan biaya pada langkah awal membuka bisnis clothing. Distro terkadang tak butuh tempat yang sangat luas, asal desain tata ruang dibuat sedemikian menarik, simpel dan unik, pasti dapat memikat banyak pengunjung. Untuk barang yang kita jual pun bisa berupa barang-barang yang sering dicari dahulu. Misalnya kita menjual kaos-kaos bermacam warna dengan desain clothing sesuai trend dan di lengkapi dengan celana pendek, topi, dan sweter. Untuk yang lebih lengkap, kita bisa menambahkannya sambil berjalan.
  • Distro online. Tak selalu harus lewat media berupa toko maupun distro bila ingin menjual baju-baju clothing, lewat media toko online pun kita bisa menjual baju-baju clothing yang pasarnya di dunia maya masih cukup menjanjikan.

Related Post :